02/04/11

Keuntungan Minum Susu Cokelat Usai Olahraga

Diposting oleh Web Admin di 9:27 PM
Empat seri penelitian yang dipublikasi di konfrensi American College of Sports Medicine pekan ini, menunjukkan susu cokelat bisa membantu pemulihan dan membangun kembali otot. Hal itu jika dibandingkan dengan minuman yang dirancang khusus untuk pemulihan tenaga setelah berolahraga.


Tetapi, pilihlah susu cokelat yang tanpa lemak. Karena, minum susu cokelat rendah lemak setelah latihan berat dapat membantu menyiapkan otot untuk melakukan latihan yang lebih baik untuk selanjutnya.




Selain itu ada tiga keuntungan lain yang bisa didapatkan dari minum susu cokelat setelah latihan, seperti dikutip dari Times Of India.

Membentuk otot

Biopsi otot pasca latihan pada 8 pria yang berlari, menunjukkan bahwa setelah minum 16 ons susu cokelat bebas lemak, sintesis protein otot rangka meningkat. Hal itu merupakan tanda bahwa otot lebih mampu memperbaiki dan membangun kembali. Para peneliti menyarankan agar seorang atlet mempertimbangkan susu cokelat bebas lemak sebagai alternatif nutrisi untuk minuman untuk kesehatan otot.

Menggantikan glikogen

Susu cokelat juga bisa menggantikan bahan bakar otot yang disebut glikogen. Glikogen sangat penting untuk para atlet dalam penampilan selanjutnya dan pemulihan otot. Peneliti menemukan minum 16 ons susu cokelat tanpa lemak, serta karbohidrat dan protein bisa meningkatkan kadar konsentrasi glikogen dalam otot pada 30 hingga 60 menit pasca latihan.

Mencegah kerusakan otot

Saat latihan otot bisa dengan mudah cedera. Apalagi jika Anda tidak melakukan pemanasan yang cukup. Penelitian menujukkan dengan minum susu cokelat rendah lemak setelah olahraga, bisa mengurangi risiko kerusakan otot. Hal ini jika dibandingkan dengan minumah olahraga yang mengadung karbohidrat.

Sumber : VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

 

WEB WANITA CERDAS Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare