08/04/14

Cara merawat jantung dan pembuluh darah Agar tetap sehat

Diposting oleh Web Admin di 12:56 PM
Penyakit jantung dan pembuluh darah merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia. Angka kematian yang disebabkan oleh penyakit ini mencapai 31.9 persen. Data tersebut mengacu pada Data Riset Kesehatan Dasar Kementrian Kesehatan 2007.

 Pakar kesehatan dari  siloam heart institute siloam kebun jeruk,Jakarta , dr.Antono Sutandar, Sp.JP ,mengatakan  bahwa penyakit jantung dan pembuluh dapat di cegah asal mau merubah gaya hidup. Berikut merupakan cara merawat jantung dan pembuluh darah yaitu dengan menghindari ke empat hal dibawah ini.

1. Kurang berolahraga
Anda hanya perlu meluangkan waktu 30 menit setiap hari Untuk menjaga kebugaran dan kesehatan jantung. Aktifitas fisik yang dilakukan secara kontinu akan membuat aliran darah dalam tubuh anda menjadi lancar. olahraga juga akan membuat kita terhindar dari kegemukan dan stres.

2. Merokok
Kebiasaan satu ini sudah menjadi rahasia umum,bahwa merokok turut menjadi penyumbang terbesar kerusakan sistem kardiovaskular. Perlu diketahui  60 persen zat kimia dalam sebatang rokok mengandung zat beracun berbahaya, mulai dari nikotin, tar, hingga arsenik. Efek negatif lain dari rokok adalah  berkurangnya elastisitas pembuluh darah serta memicu pengerasan pembuluh darah arteri.

3. Kurang sayur dan buah
Konsumsilah setidaknya dua porsi buah dan tiga porsi sayur setiap haridengan  mengonsumsi sayur dan buah juga akan menghindarkan kita dari kegemukan, yang juga menjadi faktor risiko penyakit jantung.

4.  Penggunaan obat terlarang
obat-obatan terlarang seperti kokain dan amfetamin bisa meningkatkan risiko penyakit jantung koroner sampai tujuh kali lipat. Seperti halnya rokok, zat-zat kimia beracun dalam obat terlarang juga berpotensi menyebabkan endapan dan penyempitan pembuluh darah. Saat pembuluh darah benar-benar tertutup maka jantung akan berhenti bekerja.

Anda hanya perlu menghindari ke empat hal diatas untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah anda.

Sumber : infosehatbugar.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

WEB WANITA CERDAS Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare