08/04/14

9 Makanan wajib Bagi penderita kurang darah

Diposting oleh Web Admin di 2:45 PM
Penyakit kurang darah atau kekurangan zat besi atau anemia dapat dikenal dengan gejala gejala seperti  rambut rontok, kelelahan dan sakit kepala .Kurangnya zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Berikut adalah makanan kaya zat besi yang ampuh menambah darah, seperti dilansir Times of India.


1. Makanan laut
Ikan tidak hanya kaya akan asam lemak omega-3, tetapi juga merupakan sumber zat besi yang baik untuk tubuh.

2. Daging sapi
Daging merah merupakan makanan yang paling direkomendasikan untuk meningkatkan hemoglobin, tetapi pilihlah daging merah yang tak memiliki lemak.

3. Beras merah
Beras merah memiliki beberapa manfaat kesehatan untuk penurunan berat badan, kolesterol, dan gangguan pencernaan. Beras merah juga mengandung zat besi yang dapat meningkatkan hemoglobin.

4. Hati
Hati adalah sumber makanan yang kaya zat besi. Hati ayam (100 gram) mengandung 9 mg zat besi. Tetapi, hati sapi mengandung jauh lebih sedikit kalori dibandingkan dengan jenis hati lainnya dan sumber zat besi serta rendah kolesterol.

5. Stroberi
Stroberi dapat meningkatkan hemoglobin melalui dua cara, yakni mengandung banyak zat besi dan membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Stroberi juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam darah.

6. Kentang
Seperti halnya stroberi, kentang mengandung zat besi dan juga vitamin C yang membantu untuk meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Kentang adalah salah satu sumber terbaik dari zat besi.

7. Brokoli
Brokoli adalah salah satu sayuran yang menyediakan banyak zat besi untuk tubuh. 100 gram bayam mengandung 2,7 mg zat besi. Bayam juga merupakan sumber vitamin A dan C, dan magnesium.

8. Tiram
Kerang, tiram, dan udang merupakan sumber zat besi. Makanan laut secara keseluruhan memberikan beberapa manfaat kesehatan, muali dari penurunan berat badan hingga mencegah penyakit.

9. Bayam
Bayam adalah sayuran yang mengandung banyak zat besi. Selain meningkatkan hemoglobin, bayam juga membantu untuk melawan kanker dengan memperlambat pertumbuhan sel.
Inilah sembilan makanan sehat yang dapat menambah jumlah hemoglobin dalam tubuh Anda. Konsumsi makanan sehat untuk tetap bugar selama menunaikan ibadah puasa.
Dengan memperhatikan asupan 9 jenis makanan diatas penyakit kurang darah anda akan segera bisa teratasi.


Sumber : infosehatbugar.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

WEB WANITA CERDAS Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare