13/03/11

Asam Folat Turunkan Hipertensi

Diposting oleh Web Admin di 7:07 PM
Wanita yang mengonsumsi suplemen asam folat selama masa produktif, khususnya untuk mencegah cacat lahir, ternyata juga melakukan hal yang menguntungkan buat diri-sendiri, yakni mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi.

Para peneliti dari Brigham and Women’s Hospital di Boston menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi vitamin B kadar tinggi dari makanan dan suplemen secara bermakna mengurangi risiko mereka mengidap hipertensi.

Dr. John P. Forman, sang peneliti mengatakan ini merupakan studi besar pertama kali yang menunjukkan bahwa asupan folat dalam kadar tinggi berpeluang menurunkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi.

“Sangat menggembirakan, terkait faktor keamanan dan ketersediaan suplemen asam folat,” imbuh Forman.

Namun Forman mengingatkan bahwa penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk memastikan temuan tersebut. Dr. Norman M. Kaplan, seorang profesor klinis pada divisi hipertensi di University of Texas Southwestern Medical Center, Dallas, menyatakan persetujuannya.

Hipertensi menimpa sekitar 65 juta warga Amerika dan sejumlah besar individu lainnya di dunia.Karena penyakit ini biasanya menyerang tanpa tanda-tanda, makanya sering disebut sebagai “silent killer.” Namun terapi tetap dibutuhkan sebab naiknya tekanan darah menempatkan orang dalam risiko terkena penyakit kardiovaskular dan gagal ginjal.

Folat, yang juga dikenal sebagai asam folat, dibutuhkan untuk pertumbuhan sel secara semestinya dan diduga dapat menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah. Suplemen asam folat secara luas direkomendasikan untuk perempuan hamil ataupun merencanakan kehamilan.

Sejumlah studi menunjukkan bahwa folat dapat menurunkan risiko terjadinya cacat bumbung saraf (juga dikenal sebagai spina bifida) hingga 80%. Makanan alami yang kaya folat adalah sayuran berdaun lebar dan berwarna hijau, seperti bayam, semangka, lentil, kacang-kacangan, jeruk, alpukat, asparagus, brokoli, hati sapi, dan lain-lain.

Selain dapat menurunkan risiko darah tinggi, ternyata folat juga ampuh memperbaiki mood, mencegah depresi, juga mengatasi masalah ingatan (tidak gampang lupa) dan insomnia serta mencegah rambut beruban sejak dini. Disarankan Anda perempuan normal (yang tidak hamil) mengonsumsi folat sebanyak 400 mcg atau lebih per hari.

Sumber : Perempuan



0 komentar:

Posting Komentar

 

WEB WANITA CERDAS Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare