25/03/11

Jangan Sepelekan P3K

Diposting oleh Web Admin di 7:41 PM
Banyak perabotan dan aneka benda-benda yang mungkin tersimpan di lemari atau bufet rumah Anda, tetapi adakah diantara benda-benda tersebut sebuah kotak mungil yang sangat penting di kondisi darurat?! Yup, kotak P3K! Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan!

Mungkin hal ini terdengar sepele, namun sebenarnya benda-benda di dalam kotak inilah yang sewaktu-waktu bisa menolong Anda. Karena itu usahakan untuk menyediakan kotak P3K di dalam rumah Anda. Di lain sisi, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Diantaranya jenis obat apakah yang sebaknya Anda siapkan. Anda bisa mengelompokan isi kotak P3K ke dalam 4 bagian, yaitu:







  1. Obat Luar untuk pencegahan: plester, pembalut steril, kapas, gunting kecil, anti septic seperti obat merah, alcohol dan yang sejenis, obat tetes mata ringan dan larutan pencuci mata.
  2. Obat luar untuk pengobatan: obat kompres, gosok seperti Minyak kayu putih, salep, krim/lotion dan obat tetes mata.
  3. Obat yang diminum untuk pencegahan: obat anti mabuk, obat pencahar, vitamin atau suplemen.
  4. Obat yang diminum untuk pengobatan: obat batuk, obat sakit kepala, flu, diare, kembung, obat penghilang rasa nyeri, demam, obat resep dokter.
Nah, untuk melengkapi kotak P3K Anda, simpanlah beberapa jenis obat herbal sesuai fungsinya.

Perhatikan petunjuk pemakaian dan penyimpanannya. Biasanya obat cukup disimpan di tempat sejuk pada suhu ruangan, bila tidak ada lemari obat, sebisa mungkin jangan meletakkan obat di tempat yang terkena cahaya matahari langsung, misalnya di depan jendela kaca. Carilah tempat yang terlindung.

Ada juga jenis obat-obatan tertentu yang harus disimpan di kulkas. Selalu lakukan pengecekan secara berkala dan dirapikan secara teratur. Selain itu, sangat penting untuk tidak membuang kemasan obat resep yang masih tersisa.
Tanggal pembelian obat tersebut oleh apotik akan dapat membantu Anda menelusuri apakah obat itu masih baik atau tidak. Untuk obat yang dibeli tanpa resep selalu diperhatikan kadaluarsanya, karena obat kadaluarsa bisa menjadi racun.


Sumber : perempuan

0 komentar:

Posting Komentar

 

WEB WANITA CERDAS Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare