13/03/11

Awas Berat Badan Naik Pasca Menopause

Diposting oleh Web Admin di 6:57 PM
New Page 1
Seperti halnya pubertas, menopause juga merupakan hal yang natural terjadi pada setiap perempuan. Mulai dari perubahan hormonal hingga perubahan secara fisik. Sayangnya, salah satu perubahan tersebut adalah berat badan yang cenderung naik pasca menopause. Sekitar 9 dari 10 perempuan yang telah melalui fase menopause, mengaku mengalami kenaikan berat badan berkisar 10 - 15 pon atau sekitar 5 - 7.5 kg.

Penyebabnya, selama masa menopause, kadar estrogen dalam tubuh menurun, begitu juga dengan kondisi tubuh secara umum yang menyebabkan naiknya kadar lemak dalam tubuh. Ditambah lagi, kadar progesteron yang ikut menurun membuat cairan dalam tubuh tertahan dan menggembung, yang akan membuat Anda merasa bertambah berat.

Sementara itu, kadar testosteron yang juga menurun, mempersulit tubuh untuk membentuk dan menjaga kekuatan otot, hal ini juga turut berkontribusi dalam memperlambat metabolisme tubuh. Terakhir, peningkatan kadar androgen menyebabkan penambahan berat di area sekitar perut.

Mengonsumsi makanan sehat, diet yang seimbang, dan melakukan aerobik serta tetap melatih kekuatan tubuh merupakan salah satu solusi ampuh mengatasi masalah berat badan berlebih ini. Alternatif lain, Anda bisa mencoba beberapa pengobatan alami atau herbal yang terbukti mampu mengatasi fluktuasi hormon selama menopause sebagai terapi tambahan.

Cobalah untuk menambahkan kandungan kedelai dalam diet Anda, atau gunakan suplemen yang mengandung isoflavon kedelai yang mirip dengan hormon alami tubuh. Carilah juga produk yang kaya akan phytoestrogens untuk membantu mengurangi “ukuran” pinggang Anda, selama masa transisi ini.


Sumber : Perempuan



0 komentar:

Posting Komentar

 

WEB WANITA CERDAS Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare